Konversi Sertifikasi

Berdasarkan Peraturan Kepala LKPP No 8/2010, Untuk sertifikat yang dikeluarkan sebelum Desember 2008 dan masa berlakunya diperpanjang otomatis berdasarkan Surat Edaran yg dikeluarkan LKPP dapat dikonversi sampai dengan 4 tahun kemudian. Konversi dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada Deputi Bidang PPSDM  up. Bina Sertifikasi Profesi, sebagaimana diatur dalam pasal 38 Peraturan Kepala LKPP No 8/2010. Permohonan untuk mengajukan konversi dapat dikordinir oleh SKPD atau unit vertikal dari SKPD tersebut.
Untuk sertifikat yang masa berlakunya sampai dengan Desember 2010 dan telah memenuhi syarat konversi lainnya yaitu pernah mengikuti sosialisasi, maka sertifikat tersebut dapat diperpanjang (dikonversi). Selama menunggu selesainya konversi, sertifikat keahlian tersebut dapat digunakan untuk bertugas di bidang pengadaan (menjadi PPK, anggota Pokja ULP, panitia pengadaan dan pejabat pengadaan).

Untuk memperoleh sertifikat bagi para pengelola pengadaaan, dapat mengajukan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi silakan Saudara menghubungi Direktorat Sertifikasi LKPP untuk mendapatkan informasi mengenai biaya dan mekanismenya, untuk kontaknya silakan merujuk pada website resmi LKPP di http://www.lkpp.go.id/v2.
Pegawai yang masih aktif pada tahun 2010 sebagai panitia meskipun sertifikatnya sudah habis dan diperpanjang otomatis sesuai Keputusan Kepala LKPP, maka masih dapat mengajukan konversi. Namun untuk pegawai bersertifikat yang tidak menjadi panitia setelah masa berlaku sertifikatnya habis sebelum 31 Desember 2010, maka sertifikatnya tidak dapat dikonversi. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada pasal 38 Peraturan Kepala LKPP No. 8 Tahun 2010.
Masyarakat dapat mengecek sendiri status sertifikat panitia melalui website LKPP. Untuk anggota Panitia yang sertifikatnya sudah habis masa berlakunya dapat mengkonversi sertifikat tersebut secepatnya ke LKPP tanpa harus mengikuti ujian, bilamana telah memenuhi ketentuan dalam pasal 38 Peraturan KepLa LKPP No 8 Tahun 2010. Untuk sementara sertifikat tersebut masih dapat digunakan bilamana memenuhi ketentuan dalam Peraturan tersebut sampai dengan bulan Juni 2011.